Kotak Jelajah

Kamis, 14 April 2011

Error Code B200 pada PIXMA Ip 2700

Catatan ini bukan untuk menunjukkan cara perbaikan atau servicenya, melainkan hanya untuk menunjukkan kemungkinan penyebab munculnya kode kesalahan B200 pada PIXMA Ip 2700/2770.
Kemungkinannya adalah pendeteksi cartrige sudah tidak bisa lagi mendeteksi tinta, meskipun cartrige-nya masih baru. Kesimpulan ini saya dapatkan setelah melakukan hal-hal seperti berikut:
1. Tidak mempan direset, baik secara manual maupun dengan resetternya.
2. Ketika bagian jarum-jarum pendeteksi cartrigenya saya amplas, dengan maksud menyingkirkan kotoran pada ujung jarum-jarumnya, maka beberapa saat kemudian untuk beberapa puluh lembar saja, printar mau nge-prin kembali. Tetapi setelah itu kode b200 muncul kemali. Setelah dilihat bagian jarumnya, ternyata banyak mengandung tinta lagi. Demikian pula pada bagian cartrigenya, seperti terjadi kebocoran dan banjir. Padahal, cartrige yang digunakan adalah cartrige baru, dan kondisi ini juga terjadi pada cartrige lama.
Bila cartrige yang tidak dapat terdeteksi itu dicopot, kemudian dihidupkan lagi, maka printer kembali normal, tetapi pada saat akan nge-print, printer akan minta pemasangan cartrige yang dicopot/tidak dipasang. Tetapi setelah cartrige-nya dipasangkan lagi, maka error code B200 akan muncul lagi. Sebal, memang!

Itulah masalah code b200 yang saya ketahui, dengan info ini, meskipun tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, tetapi setidak-tidaknya dapat memberi gambaran tentang sebab permasalahan printer kita, dan mudah-mudahan cukup menenangkan hati penasaran yang ingin tahu tentang error code B200.

Melalui info ini mudah-mudahan ada pembaca yang mau berbagi saran tentang kemungkinan cara terbaik untuk menormalkan printer yang selalu memunculkan error code B200 itu. Semogaa.

2 komentar:

  1. SETUJU gan,sampai jengkel aq makanya ngak aq service sebab pasti kumat lagi eh ternyata benar pengalaman yang dah service
    by
    www.Klikdisini.com/AIUEO
    0856 5566 3007

    BalasHapus
  2. Aku juga setujuh..pusiiiiiiiing....

    BalasHapus