Kotak Jelajah

Kamis, 25 Maret 2010

Pemanfaatan Facebook untuk Pencerdasan Masyarakat

Sebuah harapan yang besar bagi semua orang-tua dan siapa saja yang peduli terhadap pendidikan dan pemajuan ilmu pengetahuan dan keterampilan masyarakat adalah bahwa orang-orang di sekitarnya merupakan anggota masyarakat yang mandiri dan terampil dalam menghadapi segala permasalahannya sendiri maupun permasalahan di lingkungannya.
Belum lama ini - sebelum menulis masalah ini - saya menyempatkan diri untuk menggeluti dan mencermati aktivitas facebooker, yang di antaranya terdiri dari para anggota keluarga, teman lama, kawan sejawat dan orang-orang yang baru menjalin perkenalan, dari beberapa kali keikutsertaan berkomentar dari hal-hal yang ditampilkan oleh para facebooker itu, saya berkesimpulan bahwa terlalu banyak sumber daya yang terbuang percuma jika di dalam berkomunikasi mereka itu tak lain dari sekedar bergurau yang bersifat hiburan sesaat.
Memang hal tersebut merupakan hak bagi mereka juga, barangkali di sela-sela kejenuhan kerja dan kekosongan waktu yang dihadapinya, mereka menyempatkan diri untuk mencari hiburan di media maya tersebut. Akan tetapi alangkah baiknya jika dalam mencari hiburan itupun terkandung pesan-pesan moral atau hal mendidik dan mengajari sesuatu. Tentu saja meskipun tidak aktif memberi komentar, bagi mereka yang mengikuti kejadian di facebook saat itu setidaknya dapat menyempatkan diri untuk membaca tentang apa-apa yang disajikan oleh mereka yang aktif memberi komentar.
Facebook merupakan media yang cukup ampuh untuk mengadakan interaksi antargolongan dan latarbelakang pengetahuan penggunanya. Sifat interaktif inilah yang perlu dimnfaatkan sebaik-baiknya oleh para pemerhati dalam mencari peminat atau sasaran yang ingin ditujunya.
Untuk itu bagi para pendidik atau siapa saja yang peduli untuk mengadakan pendidikan atau pengajaran secara masal alangkah baiknya memanfaatkan facebook ini untuk kegiatan tersebut. Mungkin saja, untuk suatu sekolah yang sudah memiliki media pembelajaran yang modern dan telah memiliki siswa yang terampil dalam pemanfaatan komputer, khususnya penggunaan facebook, alangkah baiknya mengadakan les atau forum tanya-jawab khusus kelompok siswa tertentu dengan menggunakan media facebook ini. Meskipun untuk penulisan format tertentu tidak dapat disajikan secara sempurna sebagaimana menulis di software lainnya, misalnya pada MS Word atau Excel dan yang sejenisnya.
Mari kita pikirkan tentang saran ini, barangkali ada cara yang lebih baik lagi bagi kita untuk lebih cepat memajukan masyarakat kita (lokal maupun glogal) untuk dapat menguasai ilmu dan teknologi maupun unsur-unsur lainnya. Semoga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar